Mengunjungi Gereja Immanuel Medan




Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) “Immanuel” atau sering disebut gereja Immanuel dan sering pula disebut gereja lama adalah salah satu gereja yang ada di kota Medan. Gereja ini beralamatkan di Jl. Diponegoro atau persisnya berseberangan dengan kantor gubernur Medan. Gereja yang di bangun di tahun 1921 ini pada awalnya hanya diperuntukkan untuk pegawai VOC saja sehingga bahasa pengantar ibadah adalah bahasa Belanda. Dari segi arsitektur, gereja ini memang mirip seperti gereja-gereja di Belanda. Berikut beberapa pics yang memperlihatkan bagian luar gereja.




Pada tanggal 1 Februari yang lalu, aku berkesempatan mengikuti ibadah disini tepatnya ibadah sore yaitu pukul 17.00 sehingga aku juga dapat mengabadikan beberapa pics bagian dalam gereja. Beribadah disini sangat khusuk. Tidak terdengar suara apapun kecuali suara organ yang sangat merdu mengiringi kidung pujian.




Aku juga berkesempatan naik melihat lonceng. Pertama kali melihat, aku sangat kagum melihat betapa besarnya ukuran lonceng tersebut. Pada lonceng tertulis tahun pembuatan dan kota pembuatan,  yakni pada tahun 1922 di Den Haag, Belanda. Namun, jam yang ada di menara gereja tidak dapat berfungsi lagi karena beberapa komponennya rusak selain itu hanya teknisi dari Belanda yang dapat memperbaikinya.


Jadwal ibadah Minggu di gereja ini: pukul 08.00, 09.30 dan 17.00


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HKBP Sipirok - Gereja Tua Oleh Misionaris Jerman